Kelompok petani madu hutan mengikuti Pelatihan Budidaya Trigona sp

Dalam sambutannya ketika membuka pelatihan budidaya Trigona sp tanggal 21-24 mei 2014 lalu, Ketua Forum masyakat Tesso NIlo, Radaimon menegaskan bahwa pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan petani madu hutan “Madu propolis adalah variasi produk madu dari lebah Trigona Sp,kedepan kita harapkan dapat meningkatkan daya saing kelompok petani Tesso Nilo”lanjutnya.

Kelompok petani madu hutan
Kelompok petani madu hutan

Dalam pelatihan tersebut, Module Leader Community Empowerment WWF Riau menekanan pentingnya pengetahuan tentang budidaya lebah Trigona sp mengingat lebah ini ditemukan dibeberapa tempat kawasan hutan Tesso Nilo. Lebih lanjut, Module Leader Community Empowerment mengungkapkan produk yang dihasilkan dari lebah ini memiliki daya jual yang cukup tinggi, sehingga peningkatkan perekonomian petani madu hutan akan berimbas positif.  “Propolis di pasar, memiliki permintaan yang cukup menjanjikan  harga dihitung adalah per ml, ini bisa memberikan pemasukan ekonomi yang mengiurkan bagi para petani”ungkapnya.
Sejak pertama kali diperkenalkan ke Kelompok petani madu hutan, Community Empowerment WWF Riau telah mendukung serangkaian kegiatan terkait dengan Lebah Trigona sp. Tahun lalu WWF Riau beserta kalangan akademisi  dari Unri meneliti potensi lebah Trigona sp dibeberapa titik Taman Nasional Tesso Nilo. Hasilnya ditemukan 13 jenis species lebah Trigona Sp diantaranya Trigona fuscobalteata, T.drescheri , T.albipennnis , T hockingsii, T.incica , T.ferminata, T. apilcalis var binghami , T. spinipes, T. angustulata, T.atripes , T.atripes, T. thoracica, T.intama dan T.colina. Penelitian tersebut berlokasi di tujuah desa yang berbatasan langsung dengan kawasan TNTN.
Dalam sesi pelatihan Lebah Trigona sp, para peserta menyadari potensi madu propolis menjanjikan dengan aspek pasar yang terbuka luas. Para peserta pada umumnya belum mengetahui kelebihan lebah Trigona sp dan bagaimana cara membuat sarangnya. Diakhir sesi pelatihan peserta membuat sarang lebah Trigona sp. Diharapkan seusai pelatihan ini, kelompok petani madu dapat membudidayakan lebah Trigona sp secara mandiri.

Leave a Reply