Lebah Hutan Apis Dorsata

Species lebah penghasil madu ini hidup di kawasan hutan sub-tropis dan tropis Asia seperti Indonesia, Philipina, India, Nepal. Khusus di Indonesia, spesies ini hidup di hutan Sumatra, Kalimantan, Sulawesi , Irian , NTB dan NTT.
Lebah Apis Dorsata memiliki banyak nama sebutan lokal. Di Kalimantan Barat – danau Sentarum di sebut Manye/Muanyi  , di Jawa Tawon Gong , di Sunda tawon odeng, Di daerah Sumatera Barat di panggil labah gadang, labah gantuang, labah kabau, labah jawi, di Tapanuli disebut harinuan, sedang dalam bahasa Inggris disebut giant honey bee.
Apis dorsata sendiri dibedakan atas tiga sub-species yakni A. dorsata dorsata, A.d. binghami (hanya terdapat di Sulawesi) dan A. d. breviligula (terdapat di Filipina).Lebah ini biasanya membuat sarang dengan hanya satu sisiran yang menggantung di dahan dan ranting pohon, langit-langit terbuka dan tebing jurang bebatuan. Sisiran sarang bisa mencapai 2 x 1 meter dengan hasil bisa mencapai 20 kg/sarang.
Lebah termasuk kelompok serangga bangsa (ordo) Hymenoptera / bersayap bening yang membesarkan anak-anaknya dengan serbu sari dan madu (Julmansyah,2010). Tubuh lebah ditutupi bulu-bulu halus yang berguna untuk menangkap serbuk sari yang diperoleh dari bunga. Serbuk sari yang terkumpul disisihkan ke wadah khusus yang terdapat di tungkai belakang. Mulutnya berbentuk tabung panjang yang dipakai untuk menghimpun nectar yang disimpan dalam lambung madu (tembolok) yaitu bagian usus yang dapat mengembung. Bangsa lebah beranggotakan 12.000 species. Kebanyakan serangga ini hidup soliter, kecuali suku Apidae yang berkoloni.
Close-up of workers on comb
Klasifikasi ilmiah

Kerajaan:    Animalia
Filum:    Arthropoda
Kelas:    Insecta
Ordo:    Hymenoptera
Famili:    Apidae
Genus:    Apis
Upagenus:    (Megapis)
Spesies:    A. dorsata

Nama binomial
Apis dorsata
Fabricius, 1793

Leave a Reply