MADU HUTAN

MADU HUTAN-Pengembangan Madu Hutan di Provinsi Riau sebagai upaya perbaikan lingkungan dan peningkatan pendapatan masyarakat memiliki kaitan erat dengan peningkatan ketersediaan pakan lebah madu hutan. sehingga kegiatan menanam berbagai jenis tanaman kususnya yang menjadi sumber pakan lebah menjadi bagian penting untuk mewujudkan kondisi dan harapan tersebut.

Indonesia pernah menjadi andalan dunia karena hutannya yang terjaga. namun saat ini tekanan hebat terhadap hutan kita telah membuat banyak membuat pepohonan kita berkurang, akibatnya banjir, keringnya sumber-sumber mata air, hingga iklim di lingkungan kita yang tidak lagi nyaman untuk kehidupan.

Mari kita ganti pepohonan dan ganti hutan dengan menanam setiap jangkal tanah disekitar kita. sukseskan hari menanam pohon nasional setiap tanggal 28 november dan bulan Desember sebagai bulan menanam nasional. mari menanam, satu orang menanam satu pohon akan memberikan sumbangan yang berarti bagi dunia, lingkungan dan bumi yang kita cintai.
Kali ini, kami menampilkan protet kegiatan tempat dilakukannya pengembangan lebah madu.
Pertama area model lebah madu di desa Kuotan Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar. dan kedua lebah madu di hutan Desa kembang bungo di kecamatan ukui kabupaten pelelawan

Areal model lebah madu di desa kuotan kecamatan tambang kabupaten kampar. jenis lebah madu budidaya ini memiliki nama ilmiah apis terana dan madu yang dihasilkan dari kegiatan ini merupakan bentuk hasil hutan bukan kayu atau AHBK.
Dalam perjanan kami menuju desa kuatan kita bisa saksikan sebuah potret desa dan lingkungan yang masih hijau dengan beragam tanaman.
Lihat saja tanaman kehutanan juga tanaman serba guna. nah, dalam kaitannya dengan areal model budidaya lebah madu atau budidaya lebah ketesediaan tanaman yang banyak dengan faktor penentu keberhasilan budidaya lebah. dengan berlimpahnya tanaman kususnya yang memiliki bunga akan memberikan pakan yang berlimpah bagi lebah-lebah yang dibudidaya.

Madu sialang merupakan madu yang dihasilkan oleh lebah liar (Avis Dorsata) yang terdapat di sekitar kawasan Taman Nasional Tesso Nilo (TNTN). Lebah liar tersebut bersarang pada pohon-pohon tertentu seperti pohon Kruing, Kempas, Ara, Kedundung Terap, Jelutung, dan Meranti Batu. Oleh masyarakat setempat pohon tempat bersarangnya lebah liar dinamakan Sialang.

Pemesanan Madu Hutan
Kontak 0813 6503 2209 ( Achmad Wazar / Ichal )
email : madu@madutessonilo.com
apmtn_tessonilo1@yahoo.com

Atau lewat form kontak kami pada menu web madutessonilo.com ini

Leave a Reply